cara membangunkan anak sholat subuh

pengintahu.com – Cara Membangunkan Anak Sholat Subuh Yang Susah Bangun di Pagi Hari. Ada kalanya anak menjadi kebanggaan orang tua, ada kalanya anak hanya bisa menyusahkan orang tua.

Ada kalanya anak menjadi penyelamat kita di akhirat nanti, dan ada kalanya anak malah semakin menjerumuskan kita ke jurang neraka.

Sebagai orang tua, wajib hukumnya mendidik anak dan mengajari segala sesuatu yang wajib dilakukan bagi orang Islam.

Termasuk kewajiban orang tua adalah mengajari dan menyuruh anak untuk melakukan sholat lima waktu.

Sejak si anak berumur 7 tahun, orang tua diwajibkan untuk menyuruh anaknya mulai mengerjakan sholat. Saat umur si anak sudah mencapai umur 10 tahun dan anak tersebut belum juga mau melaksanakan sholat, maka orang tua wajib memukulnya.

Demikianlah perintah Nabi kita yang dibahas juga di dalam kitab-kitab para Ulama Fiqih.

Cara Membangunkan Anak Sholat Subuh di Pagi Hari

Sholat yang pahalanya sangat besar jika dilakukan secara berjamaah adalah sholat subuh, yang kata Rosul setara dengan pahala sholat sunnah satu malam suntuk.

Nah, bagi kita orang tua wajib menyuruh anak kita untuk sholat lima waktu, terutama sekali sholat subuh yang orang biasanya sangat susah untuk bangun di pagi hari.

Hukum membangunkan orang tidur untuk sholat terutama anak kita di sini menjadi wajib.

Tujuan membangunkan anak sholat subuh di pagi hari juga berguna untuk membiasakan anak bangun pagi.

Tanpa panjang lebar, pengintahu.com akan membagikan motivasi cara membangunkan anak sholat subuh di pagi hari berdasarkan kisah dari Abuya As-Sayyid Muhammad Bin Alawi Al-Maliki.

cara membangunkan anak yang susah bangun untuk sholat Shubuh

Alkisah ada sebuah cerita, di mana ada seorang wanita bertanya kepada mufti :”Bagaimana caranya membangunkan anak-anak saya yang sedang tertidur nyenyak untuk sholat Subuh?”

Sang Mufti kemudian menjawab dengan pertanyaan yang ditujukan kepada wanita tersebut: “Apa yang akan kamu lakukan jika rumahmu terbakar dan pada saat itu anak-anakmu sedang tidur nyenyak?”

Wanita tersebut kemudian menjawab: “Saya pasti akan membangunkan mereka dari tidurnya.”

Sang Mufti bertanya lagi: “Bagaimana jika mereka sedang tertidur nyenyak sekali?”

Si wanita pun menjawab lagi: “Demi ALLAH! Saya akan membangunkan mereka sampai bener-benar bangun, jika mereka tidak bangun juga, saya akan menarik menyeret mereka sampai keluar dari rumah.”

Akhirnya, sang Mufti menjawab: “Jika itu yang kamu akan lakukan untuk menyelamatkan anak-anakmu dari api dunia, lakukanlah hal yang sama untuk menyelamatkan mereka dari api neraka di akhirat kelak.”

Mendengar jawaban sang mufti mengenai cara membangunkan anak sholat subuh tersebut, apakah kita terhentak dan jadi sadar diri?

Jika kita sayang pada anak kita, suami kita, istri kita, orang tua kita, adik kakak kita, keluarga kita, mari bangunkan mereka untuk sholat subuh agar mereka tidak dibakar di neraka kelak.

Demikianlah cara membangunkan anak sholat subuh yang harus kita lakukan seraya selalu berdoa tentunya agar anak kita menjadi anak yang sholih sholihah.

Baca Juga: Niat Zakat Fitrah

Cara Membangunkan Anak Sholat Subuh Yang Susah Bangun di Pagi Hari