cara mempromosikan produk

pengintahu.com – Cara Mempromosikan Produk bisa dilakukan secara langsung dengan bertemu calon pembeli, dan di sini diperlukan kemampuan berbicara secara lisan yang mampu menarik minat orang terhadap produk kita. Promosi produk makanan, sabun, atau apapun, selain secara langsung, bisa juga secara online.

Diperlukan kata kata cara mempromosikan barang yang tepat baik dalam bahasa Indonesia maupun Bahsa Inggris agar iklan terlihat menarik dan mampu membuat orang menaruh perhatian.

JIka kamu suka berbisnis, apapun itu jualannya, baik itu makanan, makanan ringan, minuman, parfum, kosmetik, sabun, dan berbagai produk lainnya atau ikut bisnis MLM macam Amoera atau Oriflame, perlu belajar ilmu mempromosikan produk yang efektif.

Nah, untuk memaksimalkan jualan bisnis kamu, sehingga produk laku keras dan jualan makin untung, maka kamu perlu tahu nih cara mempromosikan produk yang tepat sehingga promosi produk kamu gak sia-sia alias gagal.

Apa Sih Gunanya Promosi Produk?

Promosi Produk tentunya berguna banget buat siapa saja yang ingin berbisnis. Tanpa adanya promosi produk saya jamin bisnis apa pun gak akan berhasil, karena promosi produk adalah syarat utama agar bisnis bisa berhasil.

Menurut Supardi Lee sendiri, penulis buku 1/2 karyawan 1/2 bos, ada 4 fungsi promosi produk yaitu:

  • fungsi pengenalan.
  • fungsi penawaran.
  • fungsi penjagaan konsumen.
  • fungsi perbaikan.

Jadi, promosi produk itu bukan cuma untuk mengenalkan produk kita saja kepada calon konsumen atau pembeli, melainkan juga untuk menarik calon pembeli yang sudah mengenal produk kita agar mau membeli, kemudian konsumen yang sudah membeli itu kita jaga agar menjadi pelanggan tetap, dan kemudian kita juga akan mendapatkan feedback dari konsumen untuk terus memperbaiki produk kita sehingga konsumen gak akan lari ke tempat lain.

Sebelum Mempromosikan Produk Bisnis

Sebelum kamu mempromosikan produk yang akan dijual, cobalah untuk menentukan strategi promosi produk berikut:

  1. Dalam promosi produk, kita harus ingat bahwa tujuan utama promosi adalah agar permintaan produk bisnis kita meningkat. So, tetapkanlah target untuk menambah permintaan atas produk bisnis kita.
  2. Saat mempromosikan produk, selalu gunakan bahasa yang tepat. Tampilkan semua informasi mengenai produk bisnis kita dengan jelas dan ringkas, jangan bertele-tele dan jangan bohong.
  3. Saat mempromosikan produk, kita harus memastikan kepada pelanggan atau costumer bahwa produk kita berbeda dari produk kompetitor. Produk kita punya keunggulan dibanding produk kompetitor.
  4. Saat promosi produk, kita harus kenal dengan calon pelanggan kita. Calon pelanggan yang berbeda akan memberikan tanggapan yang berbeda pada promosi yang berbeda.
  5. Usahakan agar saat mempromosikan produk dapat menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat luas.

Cara Mempromosikan Produk baik Secara Online, Lisan, maupun Langsung

Sebelum mempromosikan produk, kita harus mempertimbangkan dulu kemampuan finansial kita atau budget untuk promosi, kemudian dari budget tersebut kita akan menentukan cara promosi produk mana yang akan kita pakai yang cocok dengan karakteristik produk kita.

Cara mempromosikan produk bisnis bukanlah ilmu pasti, yang hasilnya mutlak absolut. Cara mempromosikan produk merupakan ilmu sosial yang dihasilkan dari pengalaman dan praktik-praktik sebelumnya.

Bisa jadi justru praktik-praktik kamu akan lebih berhasil dibandingkan cara mempromosikan produk yang akan dituliskan di artikel ini.

Tapi setidaknya cara promosi produk berikut ini bisa menjadi pertimbangan atau menambah wawasan kamu saat mau mempromosikan produk bisnismu.

1. Iklan, cara mempromosikan produk secara online dan offline

Cara mempromosikan produk yang pertama bisa dengan menggunakan iklan. Iklan cukup efektif untuk fungsi promosi yang pertama, yaitu fungsi pengenalan.

Cara mempromosikan produk secara online bisa dengan memasang iklan lewat website, memasang iklan di blog orang lain, memasang iklan di jaringan periklanan macam Google Adwords, FB Ads, atau media online lainnya.

Sedangkan cara promosi secara langsung/offline bisa dengan memasang iklan di koran, majalah, spanduk, billboard, dan media offline lainnya.

Dalam beriklan, kata kata cara mempromosikan barang harus tepat, efisien, dan efektif, sehingga tujuan tercapai dan gak ada pemborosan biaya.

2. Ngobrol sama kawan, cara mempromosikan produk secara lisan

Memperkenalkan produk secara langsung secara lisan juga merupakan salah satu cara mempromosikan produk yang bisa jadi lebih efektif. Dengan bicara tatap muka, orang biasanya akan lebih mudah percaya, apalagi jika sekalian membawa sampel dan langsung dijelaskan kelebihannya.

3. Free trial/sampel untuk dicoba

Cara mempromosikan produk yang ketiga bisa dengan menggunakan free trial. Cara promosi produk ini cocok untuk jualan software. Biasanya penjualan produk software memberikan free trial selama beberapa hari.

Sampel untuk dicoba cocok digunakan untuk cara mempromosikan produk makanan. Setelah pembeli merasakan secara langsung produk makanan yang kita jual, dia akan membeli jika rasanya memang enak. Tapi perlu jujur ya, antara sampel dan produk merupakan barang yang sama, jangan sampai sampel enak tapi produk gak enak.

Sampel juga cocok untuk promosi produk oriflame, kosmetik, sabun, amoera, dan lain-lain yang mempunyai karakteristik produk sama.

4. Buat kalender, kaos, souvenir

Sering dapat kalender dari bank, toko emas, toko bangunan, PT, atau perusahaan lainnya? Nah, kalender ini merupakan salah satu promosi produk juga. Selain kalender, bisa juga promosi produk menggunakan kaos, souvenir, mug, payung, dan alat promosi lainnya.

5. Gratis Ongkos Kirim

Nah, cara mempromosikan produk yang kelima ini cocok banget buat kamu yang hobi jualan online. Gratis ongkir ini terbilang manjur untuk menarik minat calon pembeli.

Baca Juga: 5 Toko Online Gratis Ongkir terpercaya di Indonesia.

6. Kontes/Lomba Blog

Untuk mempromosikan produk secara online bisa juga nih dengan mengadakan kontes atau lomba blog yang sekarang kian ramai pesertanya. Para blogger akan menulis di blog mereka seputar produk kamu. Saat ini banyak sekali produk yang dipromosikan lewat lomba blog ini.

7. Beli banyak lebih murah

Cara promosi produk yang ini pasti sudah sering kita dapetin ya, kalau beli lusinan lebih murah, beli 3 lebih murah, dan sebagainya.

8. Berikan bonus saat belanja

Bonus saat pelanggan membeli produk kita akan memberikan kesan dan hubungan baik kita dengan pelanggan sehingga suatu saat pelanggan akan balik lagi dan kembali membeli produk kita.

9. Diskon

Kebanyakan diskon yang ada adalah permainan harga saja, tapi nyatanya diskon ini tetap menarik bagi calon pembeli. Cara mempromosikan produk dengan diskon ini layak kita coba.

10. Voucher

Pernah belanja di suatu mall, setelah belanja kita dikasih voucher diskon untuk pembelian produk selanjutnya, begitu seterusnya, setelah belanja dapat voucher diskon lagi. Wah, teknik ini bisa membuat pelanggan selalu tertarik buat belanja terus nih 😀

11. Bikin sosial media

Sosial media mengenai produk kita juga merupakan alat promosi produk. Facebook, twitter, instagram, dan media sosial lainnya bisa menjadi alat promosi gratis.

12. Layanan tambahan di luar produk

Misalkan kita jual produk sepeda, kita bisa mempromosikan produk dengan layanan servis gratis selama 4 kali servis. Atau yang sejenis lah dengan layanan tambahan ini.

13. Membership

Dengan membership, kita akan mendapatkan pelanggan loyal, apalagi kalau membership ini mendapatkan keuntungan tertentu seperti poin dan diskon khusus member.

14. CSR atau Donasi

Corporate Sosial Responsibility atau Donasi bisa menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekaligus ajang promosi produk.

15. Diskon/harga murah hanya hari ini

Teknik ini juga menarik banget nih buat calon pembeli, seperti Harbolnas tuh, biasanya toko-toko online memberikan diskon khusus di hari tertentu.

Gimana, cukup banyak kan cara mempromosikan produk biar jualan makin laku dan makin untung? Tentunya masih banyak lagi cara promosi produk lainnya, selamat berbisnis ya.

Cara Mempromosikan Produk Biar Jualan Makin Untung dan Laku Keras