Cara Menghilangkan Komedo Dengan Odol Yang Membandel Secara Alami

pengintahu.com – Cara Menghilangkan Komedo Dengan Odol Yang Membandel Secara Alami. Pasta gigi (Pesodent dll) dikatakan bisa mengatasi komedo yang membandel, meskipun ada pro dan kontra di situ terkait bahaya atau efek samping yang ditimbulkan. Penggunaan pasta gigi biasanya bersamaan dengan garam.

Pernah punya komedo membandel? Gimana rasanya? Punya odol di rumah kan? Nah, ternyata odol atau pasta gigi ini bisa menjadi alternatif untuk menghilang komedo kalian lho.

Menurut data wikipedia, komedo adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup.

Komedo yang terbuka (Blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil.

Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Kemudian menurut situs alodokter.com, komedo sendiri dedefinisikan sebagai benjolan kecil pada permukaan kulit yang berwarna hitam.

Komedo ini disebutkan sebagai salah satu jenis jerawat yang tergolong ringan, umumnya muncul di wajah, dan bisa juga muncul di lengan, bahu punggung, dada, dan leher kita.

Penyebab Komedo

Komedo terdiri atas berbagai jenis. Secara umum, penyebab penyakit komedo adalah karena sel kulit kita mati serta terkumpulnya minyak pada ujung luar folikel kulit. Kulit yang terbuka di atas komedo ini akan terkena udara, sehingga warna komedo akan tampak hitam dari luar.

Pemicu tumbuhnya komedo pada kulit kita di antaranya:

  • jumlah bakteri propionibacterium acnes di permukaan kulit meningkat.
  • folikel rambut mengalami iritasi, akibatnya sel kulit mati rontoknya tidak teratur.
  • produksi minyak meningkat akibat perubahan hormon (masa remaja dan menstruasi).
  • konsumsi obat-obatan tertentu seperti pil KB.
  • kulit terlalu kering sebelum menstruasi.
  • stres.
  • kurang tidur.
  • pemakaian bahan kimia tertentu, seperti gel rambut pria yang berminyak serta beberapa cat rambut.
  • konsumsi produk susu, makanan dengan kandungan gula dan lemak tinggi.
  • kerontokan folikel rambut karena cedera (memencet jerawat, efek samping pembersihan kulit dengan cara dikelupas menggunakan larutan kimia, efek samping perawatan laser).

Kemunculan komedo di kulit kita ini dapat kita cegah dengan rajin-rajin mencuci muka dengan sabun yang ringan dan lembut, mencuci rambut tiap hari secara teratur, menggunakan produk yang tidak mengandung minyak, dan menggunakan produk pengupas kulit mati.

Baca Juga: Ini Lho Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Odol atau Pasta Gigi

Setelah tahu penyebab dan cara mencegah komedo, selanjutnya akan kita bahas cara menghilangkan komedo dengan odol atau pasta gigi baik itu pepsodent, ciptadent, atau merek pasta gigi lainnya.

Pasta gigi ini mudah sekali untuk kita dapatkan, karena kita pasti punya di rumah. Kalau sampai gak punya, berarti kalian gak pernah gosok gigi hehehe.

Menghilangkan komedo memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Cara menghilangkan komedo dengan air garam, obat-obatan, dan bahan lainnya akan kita bahas lain waktu.

Odol yang digunakan untuk membersihkan komedo di sini adalah odol mint, karena mengandung fluoride yang dapat membersihkan wajah dan membuat segar.

1. Cara Menghilangkan Komedo dengan Odol dan Garam

Garam yodium bermanfaat untuk menghilangkan komedo karena bahan ini membantu proses pengelupasan (eksfoliasi) sehingga komedo pun akan berkurang. Garam juga disebut bisa menghaluskan kulit kita.

Mint pada odol akan membantu membuka pori-pori kulit kita sementara garam bertindak sebagai scrub untuk menghilangkan kotoran dan debu di dalam pori-pori.

Cara mengatasi komedo menggunakan odol dan garam:

  • cuci wajah dulu dan keringkan dengan handuk bersih.
  • ambil 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh odol mint, campur dan aduk sampai merata.
  • masukkan sendok ke dalam kulkas, untuk nanti diketuk-ketukkan pada kulit yang terkena komedo guna menutup pori-pori kulit.
  • oleskan campuran tadi pada kulit yang terkena komedo, diamkan kurang lebih 5 menit.
  • setelah itu, pijat-pijat lembut kulit yang terkena komedo menggunakan jari yang bersih, kemudian bilas dengan air sampai bersih.
  • setelah dibilas, ambil sendok dari kulkas, ketuk-ketukan hidung sendoknya pada kulit yang terkena komedo.
  • bisa juga diganti dengan es batu, ditempelkan pada kulit yang terkena komedo, agar pori-pori kulit menutup.

Lakukan teknik mengatasi komedo ini 2 kali seminggu.

Selain itu, bisa juga menggunakan campuran odol, baking soda dan air es. Cara mengatasi komedo dengann teknik ini, campurkan pasta gigi, garam atau baking soda, dan air es. Lalu basahi wajah kita, oleskan campuran bahan tadi pada kulit yang terkena komedo, lalu biarkan kurang lebih 5-10 menit.

Jika sudah, bilas wajah kita menggunakan air hangat. Setelah itu, seperti cara di atas, tempelkan sendok dari kulkas pada kulit, atau kompres menggunakan es batu untuk menutup pori-pori kulit.

2. Cara menghilangkan komedo dengan odol dan putih telur

Selain dicampur dengan garam, kita bisa juga menggunakan putih telur, dengan kandungan protein yang tinggi, vitamin A, vitamin E, dan mineral.

Cara mengatasi komedo dengan odol dan putih telur:

  • siapkan putih telur dari 1 buah telur, masukkan mangkuk, campur dengan odol mint, aduk merata.
  • oleskan campuran odol dan putih telur pada kulit yang terkena komedo.
  • ambil tisu, olesi campuran tadi, letakkan di atas kulit yang sudah diolesi campuran tadi dan diamkan kurang lebih 20 menit.
  • lepaskan tisu pelan-pelan, dan bilas menggunakan air sampai bersih.

3. Cara menghilangkan komedo dengan odol dan jeruk nipis

Vitamin C pada jeruk nipis dapat masuk ke dalam pori-pori kulit, kemdian akan mengangkat komedo yang membandel. Vitamin C juga bisa mengecilkan pori-pori kulit, mengurangi produksi minyak kulit, serta membuat kulit lebih cerah.

Cara mengobati komedo menggunakan odol dan jeruk nipis:

  • peras jeruk nipis, ambil airnya 1 sendok teh saja, dan campur dengan odol mint, aduk sampai merata.
  • oleskan campuran tadi pada kulit berkomedo membandel, diamkan kurang lebih 15 menit.
  • setelah itu, pijat-pijat dengan lembut menggunakan jari yang bersih.
  • bilas pakai air sampai bersih.
  • langkah terakhir seperti langkah di atas, tempelkan menggunakan sendok dari kulkas atau kompres dengan es batu supaya pori-pori kulit tertutup.

beberapa orang mungkin akan alergi terhadap odol sehingga perlu memperhatikan efek samping menghilangkan komedo dengan pasta gigi.

Demikianlah informasi “Cara Menghilangkan Komedo Dengan Odol Yang Membandel Secara Alami” dari pengintahu.com, mudah-mudahan bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan komedo kalian. Konsultasikan dengan dokter kulit untuk hasil yang lebih aman. Baca Juga: Biaya Membersihkan Karang Gigi.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Odol Yang Membandel Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.