Doa Menerima Zakat Fitrah Bahasa Arab

pengintahu.com – Doa Menerima Zakat Fitrah Bahasa Arab Beserta Arti Terjemahannya. Di akhir bulan Ramadhan, sudah biasa beramai-ramai orang Islam membayarkan kewajiban Zakat Fitrah, baik zakat fitrah menggunakan beras, zakat fitrah dengan uang, maupun zakat fitrah dengan makanan pokok yang lain.

Zakat fitrah menggunakan bahan makanan pokok atau zakat fitrah dengan uang adalah hasil ijtihad para ulama. Sebelumnya, Rasulullah tidak pernah membayarkan zakat fitrah menggunakan beras atau menggunakan uang.

Rasulullah SAW dulu membayarkan zakat fitrah menggunakan kurma.

Doa Menerima Zakat Fitrah Bahasa Arab beserta Artinya

Nah, zakat fitrah ini biasanya dikumpulkan di masjid-masjid oleh panitia mendekati akhir bulan Ramadhan. Saat panitia menerima zakat fitrah kita, biasanya mereka menuntun kita yang bayar zakat untuk melafadzkan niat zakat fitrah.

Kemudian, setelah itu, panitia penerima zakat Fitrah akan membacakan doa menerima zakat fitrah bahasa arab. Oleh karena itu, bagi panitia penerima zakat fitrah, mungkin berguna juga untuk menghafalkan doa menerima zakat fitrah ini.

Kamu gimana, pengin tahu juga doa menerima zakat fitrah dalam bahasa arab sekalian artinya?

Jika pengin tahu doa menerima zakat fitrah bahasa arab, pada kesempatan ini pengintahu.com akan menuliskan ulang doa yang dapat dibacakan oleh panita pada saat menerima zakat fitrah.

Doa ijab qobul zakat dalam bahasa arab beserta artinya yang pengintahu.com dapatkan dari Fans Page milik Habib Hud Alatas adalah sebagai berikut:

اَجَرَكَ اللهُ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَبَارَكَ فِيْمَا اَبْقَيْتَ وَاجْعَلْهُ لَكَ طَهُوْرًا

Yang doa menerima zakat fitrah tersebut kalau dilatinkan berbunyi “Aajarokallohu fiimaa a’thoita, wabaaroka fiimaa abqoita, waja’alahu laka thohuuron“.

Arti Doa Menerima Zakat Fitrah

Adapun arti doa zakat fitrah tersebut kurang lebih “Mudah-mudahan Allah memberikan pahala kepadamu pada apa yang kamu berikan (zakatkan) dan mudah-mudahan Allah memberkahimu dalam harta-harta yang masih kamu sisakan dan (mudah-mudahan pula) menjadikannya sebagai pembersih (dosa) bagimu“.

Nah, melihat makna doa menerima zakat fitrah tersebut ternyata isinya bagus banget ya. Penerima zakat mendoakan pemberi zakat agar Alloh memberikan pahala kepada si pemberi zakat. Penerima zakat juga mendoakan agar harta yang disisakan membawa keberkahan, serta zakat tersebut dapat menjadi pembersih dosa dan pembersih harta.

Luar bisa sekali makna dari doa menerima zakat fitrah bahasa arab ini. Selamat membayar zakat juga ya, dan jangan lupa niat memberikan zakat fitrahnya biar zakat tersebut diterima oleh Alloh SWT. Aamiin. Baca Juga: Cara Membangunkan Anak Sholat Subuh yang Pasti Manjur.

Doa Menerima Zakat Fitrah Bahasa Arab Beserta Arti Terjemahannya