manfaat dan kelebihan bpjs

pengintahu.com – Manfaat dan Kelebihan BPJS yang Jarang Orang Tahu. Berbagai manfaat BPJS kesehatan perorangan kelas 1,2,3 dan BPJS Ketenagakerjaan penting untuk anda ketahui sebelum menjadi peserta. Fungsi dari asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan bagi karyawan sangat bermanfaat, meskipun masih ada kekurangan dan kelemahan pelayanan yang harus diperbaiki.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau disingkat BPJS, merupakan bentuk jaminan sosial yang selalu aktif digunakan pada era saat ini.

Munculnya bentuk pelayanan sosial yang mampu memberikan jaminan bantuan kepada masyarakat dalam jumlah yang besar adalah harapan bagi masyarakat umum, khususnya masyarakat dengan kemampuan ekonomi berada di bawah garis rata-rata.

Mereka yang terlilit biaya mendesak, namun belum mampu untuk membayarnya, dapat digantikan dengan layanan BPJS menggunakan kartu BPJS yang telah didaftarkan.

Walaupun BPJS sudah cukup terkenal di mata masyarakat secara luas, namun beberapa penduduk masih belum mengetahui apa itu BPJS. Mereka bahkan belum tahu seberapa pentingnya BPJS bagi jaminan pribadi mereka.

Melihat hal di atas, pemahaman mengenai apa itu BPJS perlu diutarakan lebih mendalam, agar semua kalangan masyarakat dapat mengetahui secara merata.

Demikian juga kelebihan dari sistem BPJS yang prosesnya begitu mudah dengan jaminan yang besar, tentu masyarakat akan menjadi lebih sadar akan pentingnya layanan BPJS.

Manfaat Kartu BPJS Sebagai Jaminan Sosial

Kartu jaminan sosial yang telah kita miliki juga memiliki manfaat besar yang praktis.

Dengan hanya menggunakan 1 Kartu BPJS saja, anda sudah memiliki berbagai macam layanan asuransi.

Misalnya, 1 Kartu BPJS Kesehatan dapat memiliki jaminan perawatan sakit, kecelakaan, dan jaminan bagi masyarakat yang kurang mampu.

Demikian 1 kartu BPJS Ketenagakerjaan dapat memiliki Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, Jaminan Kematian, dan Jaminan Kecelakaan Kerja.

Mengingat begitu banyak layanan yang diberikan BPJS, tentu kita akan menyadari seberapa penting Kartu BPJS bagi kita semua.

Kelebihan BPJS Yang Perlu Diketahui

Masyarakat di sekeliling kita yang merasa puas dengan pelayanan BPJS tentu menyadari kelebihan-kelebihan jaminan yang ditawarkan BPJS.

Kelebihan BPJS bisa menjadi pertimbangan anda sebelum mendaftar menjadi peserta BPJS.

Apa saja kelebihan-kelebihan utama dari BPJS?

1. Kelebihan BPJS: Iuran yang Murah

Kelebihan BPJS yang pertama adalah iuran yang murah.

Harga iuran peserta untuk keperluan layanan BPJS Kesehatan begitu murah meriah dan lengkap. Hanya dengan biaya premi yang sedikit, anda sudah mendapatkan layanan pemeriksaan, perlindungan, foto rontgen, cek gula darah, pembedahan, rawat inap, obat-obatan, dan lain sebagainya secara gratis. Bahkan cuci darah dan biaya persalinan pun juga tanpa biaya sedikitpun.

2. Tanpa Pengecualian

Kelebihan BPJS yang kedua terkait dengan layanan yang diberikan.

Layanan BPJS Kesehatan dilakukan tanpa pengecualian kepada siapapun. Seseorang yang mengalami penyakit kronis dan daftar dalam asuransi swasta, dapat mengalami penolakan layanan. Meskipun diterima, premi yang ditawarkan akan lebih mahal dan anda akan dipersulit jika terjadi kebohongan saat mendaftar. Sementara di BPJS, anda dapat mendaftar tanpa ditanyai riwayat penyakit yang telah diderita.

3. Tanpa Check Up Medis

Kelebihan BPJS berikutnya yakni BPJS tidak memerlukan checkup medis terlebih dahulu dan nilai premi tidak menjadi mahal. Dalam asuransi kesehatan swasta, anda akan dikenai checkup medis. Dan bila anda berumur lebih dari 40 tahun kemudian mengidap penyakit kritis, premi anda akan menjadi lebih mahal. Dalam BPJS, anda boleh mendaftar di umur berapapun, bahkan bayi di dalam kandungan boleh saja didaftarkan.

4. Kepesertaan Bersifat Wajib

Wajib disini dalam arti semua warga Indonesia diharuskan memiliki Kartu BPJS dengan pelayanannya yang gratis. Tentu sifat wajib ini tidak menekan masyarakat, namun membantu memudahkan masyarakat. Inisiatif penduduk Indonesia akan tergerak dengan sendirinya dalam mendaftarkan Kartu BPJS karena sifatnya yang begitu menguntungkan bagi keselamatan dan kesejahteraan diri.

5. Mampu Menjamin Seumur Hidup

BPJS berani memberikan jaminan seumur hidup kepada para pesertanya. Pastinya hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi penduduk Indonesia dengan usia diatas 80 tahunan. Bahkan peserta dengan usia diatas 100 tahun dapat dengan mudah menikmati jaminan ini tanpa syarat.

Setelah kita membaca ulasan diatas, tentu kita akan lebih memahami apa itu BPJS beserta kelebihannya. BPJS merupakan bentuk layanan yang diselenggarakan berupa program jaminan sosial kepada masyarakat. BPJS terbagi menjadi 2, yakni BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Kelebihan BPJS yang utama yakni murah, tanpa pengecualian, tanpa checkup medis, bersifat wajib, dan mampu menjamin seumur hidup. Baca juga: Pengertian dan Keuntungan BPJS Kesehatan.

Manfaat dan Kelebihan BPJS yang Jarang Orang Tahu