Pentingnya BPJS Bagi Masyarakat

pengintahu.com – Pentingnya BPJS Bagi Masyarakat. Jaminan sosial sangat dibutuhkan bagi seluruh lapisan masyarakat. Fungsi jaminan sosial dinilai dapat membantu sebagian besar kebutuhan seseorang dalam masa-masa kritisnya. Mereka yang mengalami kecelakaan parah, sakit kronis, atau membutuhkan operasi sehingga perlu opname berhari-hari di rumah sakit tidak perlu khawatir dengan biaya perawatannya.

Demikian mereka yang menginjak usia manula tidak perlu khawatir dengan gaji pensiunannya.

Masyarakat hanya perlu mendaftarkan kartu jaminan sosial yang sekarang dikenal dengan Kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).

Pentingnya BPJS bagi masyarakat tidak perlu diragukan lagi. “Kartu BPJS banyak membantu masyarakat dalam kebutuhan perawatan mendesak”, begitulah kata yang diucapkan sebagian masyarakat.

Tentu kita masih ingat dengan istilah Askes, Jamkesmas, Jamkesda, dan Jamsostek. Keempat istilah tersebut merupakan jaminan sosial dari pemerintah yang selalu digunakan sampai sekitar 3 tahun silam.

Fungsinya dalam memberikan asuransi dalam berbagai lini sangat dirasakan oleh seluruh masyarakat. Kemudian Askes, Jamkesmas, dan Jamkesda bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan pada tahun 2014.

Menyusul setelahnya, Jamsostek bertransformasi menjadi BPJS Ketenagakerjaan pada tahun 2015.

Walaupun berganti nama baru, fungsi asuransi yang dirasakan begitu besarnya masih melekat.

Kartu jaminan sosial dari pemerintah hanya berubah nama, namun manfaatnya akan tetap selalu diingat.

Pentingnya BPJS Bagi Masyarakat

Menyadari fungsi jaminan sosial yang begitu besar, tentu kita akan sepakat bahwa begitu besar pentingnya BPJS bagi masyarakat.

Apa sajakah peranan BPJS atau pentingnya BPJS bagi Masyarakat?

1. Mengganti Biaya Perawatan Di Rumah Sakit

Pentingnya BPJS bagi masyarakat yang pertama yakni menanggung biaya perawatan selama berobat di rumah sakit.

Pasien yang mengalami sakit, baik ringan maupun kronis dapat ditanggung semua biayanya hanya dengan memfungsikan Kartu BPJS Kesehatan yang telah didaftarkan.

Petugas BPJS yang telah menerima Kartu BPJS akan segera mengakomodasi perawatan yang intensif sehingga pasien dapat cepat tertangani.

Demikian pasien yang memerlukan operasi dan cuci darah juga dapat ditanggung biayanya.

Kecelakaan pribadi juga mendapat jaminan perawatan dari BPJS Kesehatan.

Pasien akan dibiayai sampai sembuh selama menjalani perawatan intens. Baik luka ringan maupun luka dalam tidak mengurangi fungsi jaminan dari Kartu BPJS Kesehatan milik anda.

2. Mengganti Biaya Perawatan Akibat Kecelakaan Kerja

Selama menjalani pekerjaan yang digeluti, resiko kecelakaan kerja dapat terjadi.

Bila telah menimpa diri sendiri, seseorang dapat menggunakan Kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk membiayai biaya perawatannya hingga sembuh, termasuk biaya pengangkutan pekerja.

Selain itu, disediakan juga santunan bagi pekerja yang cacat dan seseorang yang sedang dalam kondisi STMB (Sementara Tidak Mampu Bekerja).

3. Memberi Jaminan Kematian Serta Biaya Pemakaman

Selain jaminan perawatan, BPJS juga memberikan jaminan kematian bagi peserta yang telah meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja.

Dana santunan yang diberikan cukuplah besar dan diterima oleh ahli waris peserta yang telah wafat. Biaya pemakaman juga diurus oleh Pihak BPJS sedemikian rupa.

Jenis Kartu BPJS yang digunakan dalam jaminan ini adalah Kartu BPJS Ketenagakerjaan.

4. Memberi Jaminan Hari Tua

BPJS juga memberikan jaminan tidak hanya untuk luka atau penyakit fisik saja, tetapi juga permasalahan ekonomi.

Jenis BPJS yang berperan adalah BPJS Ketenagakerjaan.

Program Jaminan Hari Tua dilakukan untuk mengganti terputusnya penghasilan peserta akibat kematian, cacat, atau hari tua. Bila peserta meninggal dunia, pihak yang menerima dana adalah anak, pasangan almarhum, atau ahli waris dari almarhum.

5. Memberi Jaminan Pensiunan

Kartu BPJS Ketenagakerjaan juga menyediakan layanan jaminan untuk masa pensiun. Prioritas utamanya adalah bagaimana dapat menjaga keberlangsungan hidup yang layak bagi peserta yang telah menginjak usia pensiunan.

Selain bagi peserta pensiunan, peserta lain yang mengalami cacat total atau ahli waris dari almarhum peserta dapat menerima jaminan pensiunan ini tiap bulannya.

Program BPJS dinilai begitu penting bagi masyarakat. Seberapa pentingnya BPJS bagi masyarakat dapat dilihat melalui peranannya, yakni mengganti biaya perawatan rumah sakit dan kecelakaan kerja. Serta juga memberikan jaminan kematian, hari tua, dan pensiunan. Baca Juga: Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan secara Online.

Yuk Kenali Betapa Pentingnya BPJS Bagi Masyarakat, Ini Rahasianya