sikat gigi bayi 1 tahun

pengintahu.com Beberapa orang tua, terutama yang baru punya anak, mungkin bingung, sejak kapan anak harus sikat gigi? Perlukah membeli sikat gigi bayi 1 tahun? Lalu berapa harga sikat gigi bayi 1 tahun? Untuk pasta giginya merek apa yang bagus?

Kita tentu sepakat bahwa kebersihan adalah sumber kesehatan.

Mulut dan gigi yang bersih akan menyebabkan gusi dan gigi bayi sehat, dan sebaliknya jika mulut dan gusi bayi tidak pernah dibersihkan, maka bisa berakibat pada timbulnya plak, gusi bengkak, dan kalau sudah punya gigi bisa membuat gigi kuning serta sakit gigi.

Oleh karena itu, penting sekali menjaga kebersihan gusi dan gigi bayi demi kesehatan bayi ke depannya.

Sikat Gigi Bayi 1 Tahun, Pentingkah? Umur Berapa Bayi Boleh Sikat Gigi?

Penting gak sih sikat gigi untuk bayi berusia di bawah 1 tahun atau 1 tahun ke atas?

Sekali lagi perlu ditekankan, bahwa membersihkan gusi dan gigi bayi adalah hal yang sangat penting, bagi usia bayi berapa pun, gak pandang usia.

Bahkan, saran dari dokter pun, bukan hanya bayi usia satu tahun yang sudah tumbuh gigiĀ  yang harus rajin gosok gigi.

Bayi yang baru lahir beberapa hari pun sangat dianjurkan untuk dibersihkan gusinya dengan mengelap menggunakan lap bersih secara rutin sehabis makan dan sebelum tidur.

Membersihkan mulut dan gusi bayi harus dilakukan orang tua secara telaten. Perlu kesabaran ekstra untuk mengurus kebersihan gigi bayi.

Selain menggunakan kain, bisa juga menggunakan sikat gigi khusus bayi ketika mandi, tentu saja sikat giginya khusus untuk gusi anak yang belum tumbuh giginya, pilih yang lembut, biasanya berupa sikat gigi jari.

Pasta gigi untuk anak 1 tahun

Saat anak sudah mulai tumbuh gigi seri, bisa mulai umur 6 bulan, pada saat itu Anda sebagai orang tua sudah bisa menggunakan sikat gigi anak yang lembut.

Mulai bersihkan gigi anak Anda dengan sikat gigi bayi yang bagus, nyaman buat anak, dan tidak membuat anak takut.

Harga sikat gigi bayi 1 tahun berkisar 10-50 ribu rupiah saja dan bisa Anda beli secara online di marketplace macam tokopedia dan lain-lain.

Cara menyikat gigi bayi yang berusia kurang dari 2 tahun, berdasarkan anjuran dari dokter, cukup menggunakan air bersih, jangan gunakan pasta gigi dulu.

Jadi, jangan gunakan pasta gigi untuk anak 1 tahun, jika sudah dua tahun barulah dikasih pasta gigi yang mengandung fluoride.

Jika Anda tetap ingin memberikan pasta gigi untuk bayi 1 tahun, silakan konsultasikan dengan dokter gigi.

Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa air di dalam mulut bayi sudah benar-benar terbuang semua setelah gosok gigi, jangan sampai tertelan.

Setelah anak berusia lebih dari dua tahun, Anda bisa memilih beraneka merek pasta gigi anak, mulia dari Enzim, Kodomo, Switzal, dan lain-lain.

Pastikan Anak Tidak Tidur Dalam Keadaan Ngedot

Untuk kesehatan gigi dan gusi anak, pastikan anak tidak tidur dalam keadaan masih ngedot sesuatu yang manis, karena makanan dan minuman manis ini bisa menyebabkan plak dan kemudian bisa menimbulkan karang gigi jika tidak dibersihkan.

Sebelum anak tidur, ambil dot terlebih dahul, jangan lupa untuk membersihkan mulut dan gigi bayi serta gusinya.

Kesehatan gigi anak umur berapa pun adalah penting untuk dijaga, oleh karena itu penting banget peran orang tua yang peduli terhadap kebersihan mulut, gigi, dan gusi anak.

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati.

So, kesimpulannya, apakah perlu sikat gigi bayi 1 tahun? Silakan Anda simpulkan sendiri. Baca Juga: Biaya Membersihkan Karang GIgi.

Sikat Gigi Bayi 1 Tahun, Pentingkah?