makanan bayi 6 bulan yang bergizi

pengintahu.com – Makanan Bayi 6 Bulan Yang Bergizi Buatan Sendiri Pertama Kali. Hai Mom, bahagia banget ya menyaksikan pertumbuhan bayi dari lahir sampai tumbuh kembang sehat setiap hari. Sudah pernah mencoba menu makanan bayi 6 bulan buatan sendiri? Resep MP ASI bergizi untuk bayi, penambah berat badan, jadwal makan tentunya penting banget untuk Anda pelajari.

Pastinya sahabat pengintahu.com sudah pada tahu dong Makanan Pendamping ASI (MPASI) bagi bayi yang berumur 6 bulan ke atas.

Nah, kalau sahabat pengintahu.com belum pada tahu, kali ini pengintahu.com bakalan ngasih tahu nih makanan bayi 6 bulan yang bisa sahabat kasih buat si buah hati yang pengintahu.com ambil dari berbagai sumber yang terpercaya.

Namun perlu diperhatikan bahwa asupan nutrisi terbaik untuk bayi baik yang berumur 6 bulan ke atas maupun kurang dari 6 bulan tetaplah air susu ibu (ASI).

Makanan untuk bayi  6 bulan ini hanyalah makanan pendamping asi atau MPASI. Jadi ASI tetap wajib diberikan sampai umur bayi 2 tahun ya mom.

Jangan sampai mentang-mentang sudah dikasih makanan sejak bayi berumur 6 bulan lalu si bayi gak dikasih ASI lagi sama ibunya 😀

Kapan Bayi Mulai Diberikan MPASI?

Bayi mulai diberikan MPASI saat si bayi mulai berumur 6 bulan. Sebelum 6 bulan, cukup kasih ASI aja yah mom, jangan dikasih gorengan hehehe.

Pada usia 6 bulan ini, bayi biasanya sudah bisa duduk dengan bantuan, lalu tubuh bayi sudah bisa menyangga kepalanya sendiri, suka memasukkan benda ke mulutnya, dan mulai kepengin dengan makanan orang dewasa.

Pada kondisi inilah mom disarankan untuk memberikan makanan bayi 6 bulan sebagai pendamping ASI (MPASI).

MPASI ini sendiri berguna supaya bayi bisa lebih cerdas, hebat, otaknya bagus, bukan cuma IQ, tapi EQ nya juga bagus.

Makanan Bayi 6 Bulan Yang Bergizi yang bisa Mom berikan Pertama Kali

Makanan bayi 6 bulan yang terbaik adalah menu makanan bayi 6 bulan buatan sendiri, bukan menu makanan instan yang dibeli di toko.

Makanan bayi instan kurang bagus untuk diberikan karena kandungan nutrisi dan vitaminnya kurang banyak, diakibatkan proses pengolahan makanan instan tersebut yang terlalu panjang.

Oleh karena itu penting banget nih mom buat mengetahui resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi baik itu buah, nasi tim, bubur, dan resep makanan bayi 6 bulan lainnya.

Nah, berikut ini beberapa makanan bayi 6 bulan yang bergizi yang bisa diberikan kepada anak untuk pertama kali:

1. Buah untuk bayi 6 bulan

Makanan bayi 6 bulan berupa buah-buahan di antaranya:

a. Bubur pisang, makanan bayi 6 bulan yang bagus buat kesehatan

Makanan bayi 6 bulan yang pertama adalah bubur pisang, yang dibuat dengan cara melumat pisang dengan sendok kemudian tambahkan ASI atau susu formula biar pisang ini lebih mudah dicerna oleh bayi.

Jangan terlalu sering ya mom, secukupnya aja saat ngasih makan bayi.

Buah dan sayuran memang bagus buat si bayi. Nah, untuk pertama kalinya makan MPASI, bayi umur 6 bulan biasanya baru bisa mengkonsumsi satu sendok teh sayur dan satu sendok teh buah, yang lama kelamaan akan bertambah porsinya.

b. Buah alpukat

Untuk perkembangan fisik dan otak bayi, maka mom harus memberikan buah alpukat ini buat si kecil saat sudah berumur 6 bulan. Sama seperti pisang, cara memberikan alpukat pada bayi 6 bulan adalah dengan melumatnya menggunakan sendok kemudian dicampur dengan ASI atau susu formula.

c. Pir, apel, strawberry, dan anggur

buah untuk bayi 6 bulan selanjutnya bisa juga berupa buah pir, apel, strawberry, dan  anggur yang dilumatkan kemudian dicampur dengan ASI atau susu formula juga.

baca juga: Manfaat Lemon untuk Kesehatan.

2. Makanan bayi 6 bulan berupa sayuran dan bubur

Selain buah-buahan, makanan untuk bayi berumur 6 bulan yang dibuat sendiri yang tentunya sangat bergizi adalah sayur-sayuran yang dihaluskan dan bubur berupa:

  • kentang.
  • wortel.
  • brokoli.
  • kol.
  • bayam.
  • tomat.
  • timun.
  • bubur yang dicampur dengan daging ayam, atau sapi yang dihaluskan.
  • bubur tahu.
  • bubur kacang-kacangan.

Untuk makanan yang menyebabkan alergi pada bayi, maka harus dihindari. Makanan yang menyebabkan alergi tersebut di antaranya ada gandum, kerang, kedelai, ikan, dan telor.

Untuk makanan yang mengandung gas seperti brokolo, kembang kol, kobis, kacang-kacangan, susu, bawang-bawangan, lebih baik untuk dikenalkan saat si bayi berumur 8-10 bulan.

Jadwal Makan Bayi 6 Bulan

Sebagai panduan bagi mom yang mau memberikan MPASI kepada si kecil, bisa memperhatikan jadwal makan bayi 6 bulan sebagai berikut:

  • Pukul 06.00 pagi: ASI sebanyak yang bayi mau.
  • Pukul 09.00 pagi: bubur, buah, atau sari buah antara 2-3 sendok makan s.d. 125 ml MPASI secara bertahap.
  • Pukul 12.00 siang: ASI sebanyak yang bayi mau.
  • Pukul 15.00 sore: bubur, buah, atau sari buah antara 2-3 sendok makan s.d. 125 ml MPASI secara bertahap.
  • Pukul 18.00 sore: ASI sebanyak yang bayi mau.
  • Pukul 21.00 malam: ASI sebanyak yang bayi mau.

Untuk awal-awal kasih dulu 2-3 sendok makan MPASI, secara bertahap jumlahnya ditambah s.d. 125 ml MPASI.

Nah itulah tadi informasi mengenai Makanan Bayi 6 Bulan yang bisa mom buat sendiri yang tentunya bergizi banget dan diberikan kepada bayi pertama kali sampai dengan selanjutnya. Baca Juga: Sikat Gigi Bayi yang Bagus.

Makanan Bayi 6 Bulan Yang Bergizi Buatan Sendiri Pertama Kali