manfaat kartu bpjs ketenagakerjaan

pengintahu.com – Bisakah kartu BPJS ketenagakerjaan untuk berobat atau untuk beli rumah? Apa saja fasilitas BPJS ketenagakerjaan dan manfaat BPJS ketenagakerjaan mandiri? Tujuan BPJS Ketenagakerjaan itu apa sih? Berapa iuran BPJS ketenagakerjaan? Apa saja program bpjs ketenagakerjaan?

Seiring dengan bertambahnya para pekerja yang ada di Indonesia. Maka dari itu ketenagakerjaan Indonesia memberikan kebijakan sebuah program yang diperuntukkan bagi para pekerja yaitu BPJS Ketenagakerjaan. Dimaksudkan agar hidup para pekerja merasa terlindungi jikalau terjadi kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan ketika bekerja. Memberikan jaminan pada hari tua merupakan salah satu manfaat kartu bpjs ketenagakerjaan.

Bagi anda para pekerja yang masih menunggu informasi mengenai bpjs ketenagakerjaan, anda harus simak artikel yang berikut ini. Karena dalam artikel ini akan dibahas mengenai manfaat kartu bpjs ketenagakerjaan yang perlu diketahui. Bagi yang ingin mengetahui yuk simak artikelnya.

Ada beberapa manfaat kartu bpjs ketenagakerjaan diantaranya yaitu:

1. Sebagai Jaminan Biaya Kecelakaan Kerja (Bisakah BPJS Kesehatan untuk Berobat?)

Manfaat Kartu BPJS Kesehatan yang pertama adalah sebagai jaminan kecelakaan kerja peserta.

Seorang pekerja yang sudah menjadi peserta bpjs ketenagakerjaan dengan tiba tiba mengalami sebuah insiden yang tak diduga atau kecelakaan. Yang membuat pekerja tersebut harus dirawat di rumah sakit. Maka semua biaya rumah sakit tersebut akan di tanggung semua oleh bpjs ketenagakerjaan. Apalagi jika rumah sakit yang bersangkutan menjalin kerja sama dengan pihak bpjs ketenagakerjaan seberapa lama korban menginap di rumah sakit tersebut tidak dibatasi waktu alias tidak ada limit.

2. Sebagai Pemberi Bantuan Bagi Korban Yang Mengalami Kecacatan

Tidak hanya biaya rumah sakit saja yang akan ditanggung oleh bpjs ketenagakerjaan. Akan tetapi jika korban kecelakaan tersebut mengalami kecacatan yang disebabkan karena kecelakaan pada bekerja. Maka bpjs akan memberikan bantuan sesuai dengan kebijakan yang sudah ditetapkan oleh bpjs ketenagakerjaan. Dan jika cacat yang dialami sampai fatal dan sulit untuk bekerja lagi. Maka bpjs ketenagakerjaan akan membimbing korban tersebut sehingga korban tersebut dapat kembali bekerja.

3. Manfaat BPJS Ketenagakerjaan Sebagai Jaminan Kematian Peserta

Bpjs ketenagakerjaan akan memberikan sejumlah uang tunai kepada keluarga atau ahli waris jikalau peserta bpjs ketenagakerjaan meninggal dunia yang dikarenakan oleh sebab apapun itu, baik yang di sebabkan oleh penyakit yang dia miliki maupun sebab yang lain.

Uang jaminan tersebut besarnya sekitar 24 juta rupiah. Dan jika yang meninggal dunia tersebut memiliki anak yang masih terbilang anak usia sekolah, bpjs ketenagakerjaan juga akan memberikan beasiswa kepada anak tersebut sebesar 12 juta rupiah.

Jadi total keseluruhan yang akan diberikan oleh bpjs ketenagakerjaan atau keseluruhan yang di terima peserta bpjs ketenagakerjaan sebesar 36 juta rupiah. Beda halnya jika peserta bpjs ketenagakerjaan tersebut meninggal dunia akibat dari kecelakaan saat menunaikan kewajibannya bekerja. Maka uang jaminan yang akan di berikan adalah sebesar 48 kali gaji terakhir Yang ada di laporan.

4. Sebagai Jaminan Hari Tua

Manfaat yang satu ini hampir sama dengan Investasi pada saat hari tua. Peserta akan mendapatkan kembali apa yang telah ia bayarkan kepada pihak bpjs ketenagakerjaan sebelumnya secara keseluruhan. Tidak hanya saja uangnya yang akan kembali, melainkan juga tambahannya yang di dapat dari hasil pengembangannya.

5. Sebagai Jaminan Pensiun

Para pekerja yang masuk menjadi peserta bpjs ketenagakerjaan akan diberikan dana pensiun layaknya Pegawai Negeri Sipil atau PNS. Jaminan tersebut akan di bayarkan setiap bulannya. Kisaran gaji yang di bayarkan sebesar 40 persen dari gaji terakhir yang sudah dilaporkan. Asalkan memenuhi persyaratan dan sudah masuk usia pensiun.

Persyaratan yaitu sudah membayar biaya kepada bpjs ketenagakerjaan lebih dari 15 tahun. Dan gaji yang dilaporkan juga dibatasi hanya sekitar 7,7 juta rupiah saja. Dan uang jaminan pensiun yang akan diberikan kepada peserta yaitu 40 persen dari 7,7 juta rupiah. Dana ini diberikan kepada peserta seumur hidup.

Begitu banyak manfaat kartu BPJS ketenagakerjaan yang dapat anda manfaatkan nantinya. Pembahasan di atas dapat anda jadikan salah satu sumber wawasan bagi anda jika anda berminat menjadi peserta dari bpjs ketenagakerjaan. Baca Juga: Fungsi BPJS Kesehatan yang Harus Anda tahu.

Manfaat Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang Jarang Orang Tahu